Cara menguji dan mengukur Transistor Jenis NPN dan PNP, Jenis FEt dan Jenis UJT (Uni Junktion Transistor)

1. Transistor Jenis NPN

a. Arahkan Saklar ke posisi Ω x 100

b. Hubungkan Kabel Multimeter pencolok hitam pada basis dan merah pada kolektor, jarum harus menyimpang ke kanan. Bila pencolok merah dipindah ke emitor, jarum harus ke kanan lagi. Hubungkan pencolok merah pada basis dan pencolok hitam pada kolektor. jarum seharusnya tidak menyimpang dan jika pencolok hitam dipindah ke emitor, jarum juga harus tidak menyimpang.

c. Arahkan saklar pada 1k.

d. Hubungkan pencolok hitam pada kaki kolektor dan merah pada kaki emitor, jarum harus sedikit menyimpang ke kanan . Jika dibalik jarum tidak harus menyimpang. Jika salah satu peristiwa tersebut tidak terjadi, kemungkinan transistor rusak.


2. Transistor Jenis PNP

a. Arahkan Saklar ke posisi  Ω x 100.

b. Hubungkan kabel ke multimeter pencolok merah pada basis dan hitam pada kolektor, jarum harus mernyimpang ke kanan. Bila pencolok merah dipindah ke emitor, jarum harus ke kanan lagi. hubungkan pencolok merah pada basis dan pencolok hitam pada koleketor. Jarum seharusnya tidak menyimpang dan jika pencolok hitam dipindah ke emitor, jarum juga harus tidak menyimpang.

c. cara diatas juga dapat digunakan untuk mengetahui mana kaki basis, kolektor, dan emitor suatu trasnsistor.

d. arahkan ke VDC untuk memperkirakan bahan trasnsistor pengujian dapat dilakukan pada kaki basis dan emitor, jika voltase yang idhasilkan 0,2 volt, kemungkinan dari bahan germanium, jika nilai voltase 0,6 Volt, kemungkinan dari bahan silicon


3. Menguji Transisitor Jenis FET

cara menguji trasnsistor jenis FED sebagai berikut:
1. Arahkan saklar ke posisi Ω x 100.

2. Hubungkan kabel multimeter pencolok hitam pada source dan merah pada gate. Jika jarum menyimpang, jenis FET adalah kanal P dan jika tidak FET adalah kanal N.

3. Arahkan saklar pada x1k atau x10k, potensio harus minimum dan resistansi harus kecil,. Jika potensio diputar ke kanan, resistance harus tak terhingga. Jika peristiwa ini tidak terjadi, kemungkinan FET rusak.


4. Menguji Transistor Jenis UJT (Uni junktion Transistor)

cara kerja UJT sama seperti switch, jika masih bisa on - off , berarti trasnsistor tersebut masih baik. berikut langkah langkah pengujian trasnsistor jenis UJT.

1. Arahkan saklar pada 10VDC dan potensio pada minimum, tegangan harus kecil.

2. Setalah potensio di putar, pelan pelan maka akan naik sampai posisi tertentu. Jika jarum diputar pelan - pelan ke arah minimum lagi dan pada posisi tertentu, jarum akan bergerak ke kiri. jika putaran potensio diteruskan sampai minimum, jarum akan tetap diam. Jika peristiwa tersebut terjadi , berarti komponen UJT tersebut masih baik.

NOTE:
untuk pengujian ini Teman - teman harus memiliki Multimeter Analog

Posting Lebih Baru Posting Lama

4 Responses to “Cara menguji dan mengukur Transistor Jenis NPN dan PNP, Jenis FEt dan Jenis UJT (Uni Junktion Transistor)”

  1. makasih mas.... membantu banget saya service mesin fotocopy....

    main2 ya mas.. dblog saya.....

    www.rajaistana.blogspot.com

    BalasHapus
  2. gan ane mao tnya tv ane kluar bunyi dari power supllynya pas ane cabut C4237 nya bunyinya ilang pa mungkin C4237 atv ane rusak gan mohon pencerahan gan trimakasih

    BalasHapus
  3. Nice Post Gan,
    Ane juga punye Postingan sejenis,
    Mampir ke blog Ane

    http://mekatronikasekayu.blogspot.com/2012/07/cara-menentukan-kaki-transistor.html

    BalasHapus