Tips Menghindari Penipuan di Internet

Berikut tips nya:
1. Lupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tidak masuk akal secara cepat dan modal sedikit

Para penipu online menyadari bahwa salah satu cara paling efektif bagi mereka menjalankan penipuan adalah dengan menjual impian, salah satunya adalah menawarkan model- model investasi/ menjual e-book dengan harga beberapa ratus ribu dan dijanjikan akan menghasilkan jutaan dalam jangka waktu tertentu. Menurut pengalaman berbisnis secara online, menggunkan program – program seperti ini hamper 90% merupakan penipu. Kebanykan adalah sebuah money game/arisan berantai, suatu saat bisnis seperti ini akan jatuh dan ujung – ujung penipuan (contoh:Asiabersama). Jika ada member yang dibayar, itu hanya untuk menarik lebih banyak korabn saja. Misalkan kita investasi 200 ribu, kemudian mereka membayar anda sekian juta, nah karena banyak orang senag dan yakin bahwa mereka benar benar membayar maka kebanyakan akan menambahkan investasi lebih besar lagi dengan harapan akan mendapatkan hasil yang lebih besar pula, sampai akhirnya mereka menyadari semua telah terlambat.

2. Cari referensi melalui Google tentang situs tersebut

Google akan sangat membantu ketika anda ingin mencari tahu apakah sebuah bisnis on-line itu penipuan atau bukan. Misalkan anda melihat sebuah situs bernama: “www.bisnis1milyar.com(hanya contoh)” anda tinggal memasukkan keyword “[situs yang dimaksud] menipu” atau kalau website asing ‘[situs yang dimaksud] SCAM” maka anda akan melihat berbagai postingan/artikel /blog yang membahas tentang penipuan yang dilakukan (jika ada). Hal ini akan sangat membantu sebelum anda memutuskan untuk bergabung dan menjalankan bisnis online tertentu.

3. hati – hati testimonial palsu

Anda mungkin pernah melihat sebuah situs bisnis online dengan puluhanbahakan ratusan testimonial yang menyatakan bahwa, situs tersebut benar – benar dan menghasilkan. Saran dari saya adalah perhatikan kata – kata dari testimonial tersebut, jika kebanyakan gaya bahasanya sama maka, mungkin situs tersebut adalah SCAM. Hal lain yang perlu diperhatikan adala apakah ada sumber dari testimonial tersebut, (misal website/email), kalau tidak ada atau ditutupi maka bisa saja sang webmaster tersebut membuat testimonial sendirir! Testimonial palsu banyak pula yang dibuat dib log-blog semacam blogger.com. Ciri cirinya adalah postigan dib log tersebut hanya ada satu yaitu memuji situs secara berlebihan. Logikanya, mana mungkin ada orang yang mau membuat blog hanya untuk menghasilkan sebuah testimonial, apalagi hanya untuk 1 post. Jika anda menemukan hal seperti ini, maka saya sarankan anda tidak perlu bergabung dengan situs “menipu kuadrat” tersebut (Menipu dengan membuat testimonial palsu untuk melalui program yang mereka tawarkan).

4. Lakukan Diversifikasi


Tidak ada yang pasti di dunia ini termasuk di dunia maya. Saya sarankan anda umtuk membuat diversifikasi bisnis online. Jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja, karena situs yang tadinya jujur bisa jadi besok membawa kabur semua uang anda. Intinya jangan serahkan dan lakukan research terhadap peluang bisnis baru. Denagan melakukan diversifikasi maka jika anda terkena penipu bisnis lain menutupi kerugian yang anda derita.

5. Sebisa mungkin gunakan pembayaran cash jika berbelanja online/COD
Kalau suatu ketika anda membeli sebuah barang online, usahakan agar anda melakukannya secara cash atau COD ( Cash On Delivery). Kita tidak akan pernah tahu sang penjual itu jujur atau tidak, bisa saja tadinya jujut tapi karena kebutuhan mendadak jadi penipu, sapa tau? Selain hal itu, jika opsi cash tidak dapat dilakukan anda bisa menggunakan fasilitas rekening berasama seperti di forum jula beli kaskus, hal ini akan meminimalisir risiko SCAM.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply